http://rika-erliana.blogspot.com

Rabu, 09 November 2011

Pemanfaatan Teknologi Pendidikan



Pemanfaatan Teknologi di Sekolah
Bicara mengenai "Pemanfaatan Teknologi di Sekolah", tentu sekolah sangat membutuhkan teknologi seperti adanya lab. komputer. Karena perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat kita harus selalu mengikuti perkembangan, atau kalau tidak kita akan ketinggalan di era globalisasi ini.
            Salah satu teknologi yang sangat dekat dengan sekolah, khususnya pelajar, yaitu Internet. Bahkan beberapa Ekskul memanfaatkan Internet untuk menunjang kegiatan mereka, seperti Blog, E-mail atau Facebook. Hal itu sangat bermanfaat untuk memudahkan siswa ataupun guru untuk mengerjakan tugas, menilai pekerjaan/tugas sekolah maupun untuk mempermudah siswa mengakses materi pelajaran yang mungkin tidak cukup waktunya untuk disampaikan di sekolah.
            Selain itu, sebuah website yang mungkin tidak kalah akrab dengan sekolah, khususnya pelajar adalah Google. Karena Google dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas. Seperti tugas Biologi, mencari Sejarah sesuatu di masa lampau, dan masih banyak lagi. Lewat google kita mudah mencari apapun yang kita mau terutama materi-materi yang di butuhkan di sekolah-sekolah.
             Kemudian, internet juga bisa dimanfaatkan oleh pelajar untuk mendownload E-Book Gratisan seperti yang disediakan oleh depdiknas, yang kita bisa akses di
http://bse.depdiknas.go.id/ .  Misalnya kita butuh UU Sisdiknas atau peraturan pemerintah lain terkait masalah pendidikan.Lumayan bisa untuk menambah-nambah sumber pengetahuan selain itu jika beli dalam bentuk buku mungkin harganya lumayan mahal.
             Dan yang seperti kita tahu, internet juga telah menjadi salah satu media Dinas Pendidikan untuk mengumumkan penerimaan suatu murid di suatu sekolah karena dianggap praktis dan efisien daripada datang ke sekolahan tersebut yang jaraknya jauh ataupun berdesak-desakan antri, dan internet salah satu akses yang digemari pelajar karena selain mudah. Murah juga cepat mengakses info atau pengetahuan baru..
            Internet hanyalah satu dari sekian banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan di sekolah dan oleh warga sekolah.
  Teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.  Media teknologi ini mudah di pelajari baik sendiri maupun adanya bimbingan. Lewat internet suatu materi pelajaran mudah di akes oleh siswa dan mempermudah siswa memperoleh info misalnya penerimaan siswa baru, beasiswa sekolah ataupun hal-hal lain yang bermanfaat.


Rika Erliyana (10470017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar