http://rika-erliana.blogspot.com

Rabu, 09 November 2011

PEMANFAATAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH


PEMANFAATAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Buah karya dari Dr. H. Mukminan, seorang PAKAR PENDIDIKAN

Sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi upaya pembaharuan bidang pendidikan atau pembelajaran di Indonesia senantiasa dilakukan. Model pembelajaran berbasis teknologi multimedia yang secara sengaja dan kreatif dirancang untuk membantu memecahkan permasalahan pembelajaran, kiranya merupakan alternatif yang akan banyak memberikan manfaat dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Berbagai bentuk pengalaman belajar, baik yang dapat dicapai di dalam kelas maupun di luar kelas dan pesan-pesan pembelajaran, perlu dikemas dengan memperhatikan kaidah serta prinsip teknologi pembelajaran dalam bentuk teknologi multimedia. Dengan pemanfaatan teknologi multimedia diharapkan pesan pembelajaran dapat dikemas lebih sistemik-sistematik sehingga dapat diterima oleh siswa dengan baik dan mudah, serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan (enjoyment atau joyful learning), fleksibel dalam dimensi waktu, serta mengembangkan potensi siswa secara individual..
Kemajuan di bidang teknologi pendidikan (educational technology), maupun teknologi pembelajaran (instructional technology) menuntut digunakannya berbagai media pembelajaran (instructional media) serta peralatan-peralatan yang semakin canggih (sophisticated). Boleh dikatakan bahwa dunia pendidikan dewasa ini hidup dalam dunia media, di mana kegiatan pembelajaran telah bergerak menuju dikuranginya sistem penyampaian bahan pembelajaran secara konvensional yang lebih mengedepankan metode ceramah, dan diganti dengan sistem penyampaian bahan pembelajaran modern yang lebih mengedepankan peran pebelajar dan pemanfaatan teknologi multimedia. Lebih-lebih pada kegiatan pembelajaran yang menekankan pada kompetensi-kompetensi yang terkait dengan keterampilan proses, peran media pembelajaran menjadi semakin
penting. Pembelajaran yang dirancang secara baik dan kreatif dengan memanfaatkan teknologi multimedia, dalam batas-batas tertentu akan dapat memperbesar kemungkinan siswa untuk belajar lebih banyak, mencamkan apa yang dipelajarinya lebih baik, dan meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam rangka meningkatkan ketercapaian kompetensi

v  TEKNOLOGI MULTIMEDIA
Yusufhadi Miarso (1985) memberikan batasan media pembelajaran sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa. Batasan yang sederhana ini memiliki arti yang sangat luas dan mendalam, mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran.
Konsep teknologi multimedia bukan sekadar penggunaan media secara majemuk untuk pencapaian kompetensi tertentu, namun mencakup pengertian perlunya integrasi berbagai jenis media yang digunakan dalam suatu penyajian yang tersusun secara baik (sistemik dan sistematik).
Bentuk-bentuk teknologi multimedia yang banyak digunakan di kelas/sekolah adalah kombinasi multimedia dalam bentuk satu kit (perangkat) yang disatukan. Satu perangkat (kit) multimedia adalah gabungan bahan-bahan pembelajaran yang meliputi lebih dari satu jenis media dan disusun atau digabungkan berdasarkan atas satu topik tertentu. Perangkat (kit) ini dapat mencakup slide, film, suara, gambar diam, grafik, peta, buku, chart, dan lain-lain menjadi satu model. Misalnya: CD pembelajaran atau CD interaktif.
Dengan melihat sejumlah karakteristiknya, maka TM memiliki sejumlah manfaat di antaranya:
û  mengatasi kelemahan pada pembelajaran kelompok maupun individual,
û  membantu menjadikan gambar atau contoh yang sulit didapatkan di lingkungan sekolah menjadi lebih konkrit,
û  memungkinkan pengulangan sampai berkali-kali tanpa rasa malu bagi yang berbuat salah,
û   mendukung pembelajaran individual,
û  lebih mengenal dan terbiasa dengan komputer,
û   merupakan media pembelajaran yang efektif,
û  menciptakan pembelajaran yang “enjoyment” atau “joyful learning.
v  MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI MULTIMEDIA
Berbicara multimedia adalah identik dengan pembelajaran dengan komputer, mandiri dan interaktif. Pembelajaran berbasis Teknologi Multimedia (TM), dimaksudkan adalah model atau produk desain pembelajaran yang secara sengaja didesain dan dikembangkan dengan teknologi multimedia sebagai basis guna memfasilitasi dan memudahkan belajar.
v  KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN DENGAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA
Karakteristik utama dari pembelajaran dengan teknologi multimedia adalah mengintegrasikan berbagai bentuk materi seperti: teks, gambar, grafis, dan suara yang dioperasikan dengan komputer. Pembelajaran dengan teknologi multimedia sangat bermanfaat bagi siswa, setidak-tidaknya dalam beberapa hal seperti: mendorong rasa ingin tahu siswa, mendorong keinginan untuk mengubah sesuatu yang sudah ada, dan mendorong keinginan siswa untuk mencoba hal-hal yang baru, dan lain-lain.
Kelebihan: Pembelajaran dengan teknologi multimedia memiliki kelebihan-kelebihan antara lain ;
    memungkinkan terjadinya interaksi antar siswa dengan materi pembelajaran
    proses belajar secara individual sesuai kemampuan siswa
    menampilkan unsur audiovisual.
    menciptakan proses belajar yang berkesinambungan.
Kekurangan. Beberapa kekurangan dari pembelajaran dengan teknologi multimedia di antaranya adalah:
    pembelajaran dengan teknologi multimedia mengharuskan dioperasikan melalui komputer sebagai perangkat keras (hardware)-nya
    peralatan untuk memanfaatkannya relatif mahal,
     perlu keterampilan khusus untuk mengoperasikannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar